Cara Membuat Chicken Cordon Blue

20 01 2009

Chicken Cordon blue,,,,,

Saya menulis how to dengan tema chicken cordon blue karena saya mempunyai satu pengalaman unik saat mencoba untuk membuat makanan ini. Awalnya resep ini saya dapatkan dari salah seorang rekan saya yang kuliah di UPI Bandung jurusan Tata Boga. Masakan ini awalnya saya buat untuk diberikan kepada sahabat dekat saya yang saat itu sedang mengalami satu masalah dengan saya. Ketika mencoba resep ini, saya tidak melihat berapa takaran pemakaiannya karena catatan yang diberikan oleh teman saya hilang dan tidak bisa saya temukan.

Akhirnya berbekal daya ingat saya yang terbatas saya mulai memasak chicken cordon blue…..

Dimulai dengan penyiapan bahan, bahan yang kita butuhkan adalah :

1. Dada ayam fillet

2. Keju lembaran

3. Daging asap ( Tidak wajib pakai )

4. Merica bubuk

5. Garam

6. Minyak Goreng

7. Tepung roti

8. Mayonaise

Dengan persiapan yang matang saya mulai memasak makanan tersebut, dengan sigap saya mulai meracik bumbu, untuk lebih jelasnya kita ikuti prosesnya di bawah ini…

1.Dada ayam kita rendam dalam campuran Merica bubuk dan garam selama kurang lebih 1 jam.

2.Setelah 1 jam, keluarkan ayam lalu beri keju,daging asap,dan kemudian kita gulung seperti rolade.

3.Setelah digulung, gulingkan ayam gulung ke tepung roti bergantian ke telur diulang sampai tiga kali.

4.Panaskan minyak, goreng hingga matang, kemudian sajikan dengan mayonaise ataupun saus tomat.

Uniknya saat makanan itu matang saya lupa, bahwa makanan itu akan saya berikan kepada teman saya tetapi hanya saya biarkan di meja makan. Kemudian ada salah seorang tetangga saya yang sudah kami seperti keluarga datang dan memakan ayam tersebut tanpa bertanya lebih dulu pada saya.

Ketika ayam habis saya baru sadar, bahwa chicken cordon blue yang saya buat akan saya berikan pada sahabat saya. Akhirnya dengan tangan kosong saya tetap datang ke rumah sahabat saya untuk meminta maaf,tetapi di jalan menuju rumahnya saya melihat outlet yang berjualan chicken cordon blue tepat di ujung gang rumah sahabat saya. Karena terpaksa saya membeli chicken cordon blue disana dan berbohong pada teman saya bahwa itu adalah buatan saya dengan mengganti plastik dan pembungkus makanan tersebut. Akhirnya teman saya mencoba dan tertawa dengan kebohongan saya, karena ternyata penjual yang menjual chicken cordon blue tersebut mendapatkan bahan dagangannya dari Ibu sahabat saya yang membuatnya di rumah sehingga sahabat saya hapal betul bagaimana bentuk dan rasa chicken cordon blue buatan ibunya.

Tetapi hal ini akhirnya membuat dia sadar, bahwa saya sungguh-sungguh ingin meminta maaf dengan dia. Akhirnya dia memaafkan saya dan kami bersahabat sampai sekarang….

Semoga setelah membaca tulisan ini, banyak kawan-kawan yang ingin mencoba membuat chicken cordon blue, karena selain bahan bakunya tidak terlalu sulit dan terjangkau, ketika dijual pun peminatnya cukup banyak apalagi harga jualnya juga tidak terlalu tinggi sehingga banyak remaja dan dewasa yang menyukainya.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

